Senin, 30 Januari 2017

BERSAMA WARGA BERSIHKAN SISA LONGSOR DI DESA KALIREJO



SALAMAN- Akibat curah hujan yang cukup deras yang mengguyur wilayah Salaman kemarin yang mengakibatkan terjadinya tebing mengalami longsor, dan menyisahkan banyak material pepohonan yang menyumbat aliran sungai khususnya di Dusun kali pucung kulon  rt.01/10 Desa Kalirejo kecamatan Salaman, sedangkan tebing tersebut dengan ketinggian lebih dari 100 meter. 

Danramil Salaman bersama anggotanya dan para relawan serta dari BPBD Kabupaten Magelang juga warga setempat sekitar 200 orang bersama-sama membersihkan sisa tumpukan pepohonan dengan menggunakan peralatan yang ada, tumpukan pepohonan  tersebut juga menimpah rumah Mutaqin
(47) yang mengakibatkan rumahnya mengalami rusak ringan.


Kapten inf Adi sanyoto menghimbau kepada seluruh warga agar selalu waspada karena musim hujan ini menurut BMKG akan berlangsung sampai bulan pebruari, sehingga dari semua pihak diharapkan lebih waspada terutama pada saat hujan turun, khususnya rumah yang dekat dengan tebing. Selalu adakan koordinasi dengan pihak terkait sehingga penanganannya diharapkan lebih cepat untuk meminimalisir kerugian yang dialami. Bagi warga yang terkena longsor kami ikut prihatin atas kejadian ini, kami berharap kepada semua warga selalu peka terhadap perkembangan situasi dan kondisi disekelilingnya, atau jika perlu pindah sementara waktu ke tempat saudaranya yang lebih aman pada saat turun hujan. 

Di Desa Kalirejo ini tanahnya labil dan letaknya berbukit-bukit sehingga sangat rentan sekali dengan kejadian longsor, seperti pada musim hujan tahun lalu terjadi longsor juga, berkat kesigapan dari para warga disekitarnya sehingga tidak terjadi korban jiwa. Hal ini patut kita syukuri bersama dan menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih waspada dan peka terhadap perkembangan situasi disekeliling kita, terutama para warga yang pemukimannya berdekatan dengan tebing atau ditempat ketinggian. Dan dihimbau untuk semua warga apabila terjadi tanah longsor, angin puting beliung, dan pohon tumbang segera menyelamatkan diri dan keluarganya ke tempat yang lebih aman dan silahkan melaporkan kepada kepala Dusun atau kepala Desa setempat agar permasalahan segera di tindak lanjuti ungkap Fauzan dari BPBD kabupaten magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar