Kamis, 29 September 2016

Gulma Dan Keong Mas Ancam Tanaman Padi



Magelang – Babinsa Desa Kedungsari Koramil 23/Magelang Utara Kodim 0705/Magelang Serka Usman Efendi melaqksanakan pendampingan dan membantu petani membersihkan keong mas dan membersihkan tanaman pengganggu (gulma) pada tanaman padi milik Warsiah (55) di Desa Kedungsari Kecamatan Magelang Utara, Jum'at (30/09).

Serka Usman Efendi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara tradisional dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi, pembersihan gulma dan keong mas dilakukan saat umur tanaman padi mencapai 30 hari karena di usia tanam seperti itu sangat di sukai keong mas, sehingga kalau tidak cepat di bersihkan bisa mengganggu tumbuh kembang tanaman padi.

Gulma adalah sejenis rumput/tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau diantara tanaman padi. Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi, tanaman menjadi tidak dapat menghasilkan secara maksimal. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh para Babinsa di wilayah binaannya Koramil 23/Magelang Utara.

Petani biasanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penanggulangan dan penyiangan gulma, “Dengan adanya Babinsa yang turun tangan membuat para petani tersenyum bahagia, karena ditengah-tengah cuaca yang panas Bapak-bapak Babinsa mau ikut membantu” ujar Warsiah pemilih sawah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar