Senin, 27 Juni 2016

Tanam Padi Merah Di Lereng Merapi



DUKUN- Babinsa Sumber Koramil 15 Dukun Kopda Ari Hermanto melaksanakan pendampingan kepada petani Parjono (55) warga Dusun Tutup Duwur, dalam kegiatan pencabutan dan penyiapan bibit padi merah yang akan segera di tanam,  Kamis, (23/6).

Pendampingan yang di laksanakan oleh babinsa Dukun dan PPL dalam rangka upaya khusus mensukseskan program pemerintah di bidang swasembada pangan nasional. Di lahan ketinggian seperti di wilayah Koramil Dukun petani banyak menanam padi Merah daya tumbuhnya cukup bagus, tahan terhadap hama dan sangat cocok ditanam di tanam di wilayah Kecamatan Dukun terutama yang berada di lereng merapi.

Dalam kesempatan tersebut Kopda Ari Hermanto mengatakan, padi apapun yang di tanam petani Babinsa dan PPL tetap akan mendukung, kalau memang padi Merah memiliki keunggulan dibandingkan jenis padi lainnya, Khususnya bila di tanam di lokasi ketinggian kenapa tidak,"yang terpenting jangan sampai ada lahan tidur yang tidak prodoktif, jadi kita manfaatkan lahan yang ada dengan maksimal untuk kemakmuran petani khususnya dan rakyat Idonesia umumnya" ujar Hermanto.

 "Dengan sitim pola tanam jajar legowo jumlah anakan produktifnya bisa 14-17 batang, dan lebih tahan hama, Jajar Legowo merupakan sistem penanaman yang mengatur jarak antar benih pada saat penanaman benih padi. Pola penanamannya yaitu membuat beberapa barisan tanaman yang kemudian diselingi satu barisan kosong. Tanaman yang seharusnya ditanam pada barisan yang kosong dipindahkan sebagai tanaman sisipan di dalam barisan" Imbuhnya.

Sistem tanam ini mampu memberikan sirkulasi udara dan pemanfaatan sinar matahari lebih optimal untuk pertanaman. Kelebihan lainnya, upaya penanggulangan gulma dan pemupukan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Sementara itu Prasojo di sela sela kegiatan mengucapkan banyak terima kasih kepada PPL Kecamatan Dukun Dan Babinsa Koramil 15 Dukun yang selama ini sudah memberikan pendampingan berupa penyuluhan sehingga para petani bisa menyerap ilmu di bidang pertanian, harapan kedepan semoga ilmu yang diberikan ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyejahterakan petani karena biaya produksi berkurang dan hasil panen meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar