Selasa, 26 Januari 2016

BPBD Kabupaten Magelang Sosialisasikan Daerah Rawan Bencana

Magelang- BPBD Kabupaten Magelang mengadakan sosialisasi daerah rawan bencana yang perlu diketahui oleh masyarakat. Acara diadakan di Balai Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung.(Selasa 26/1)
Hadir dalam acara tersebut Drs sujadi selaku Kepala Kebijakan Penanggulangan Bencana , Ir Gunawan dan Ratna Yulianti SH,MH selaku Menejemen Penanggulangan Bencana , Joko Suroyo Spd,Mpd dan Suwarto selaku Mitigasi Bencana, Muspika Kecamatan Srumbung , Danramil 15/Srumbung yang diwakili oleh Babinsa Desa Banyuadem Serda Suryadi, Kepala Desa Banyuadem Wahyu Widiantoro dan seluruh perangkat Desa Banyuadem , BPD, OPRB, IPKK , tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan sebanyak 40 orang.
Kepala Desa Banyuadem mengucapkan selamat datang kepada tim asistensi dari BPBD Kabupaten Magelang  yang mau memberikan sosialisasi pengalaman tahun 2010 sebelum ada sosialisasi ini masyarakat seperti anak ayam yang kehilangan  induknya karena harus berbuat apa dan bagaimana apabila bencana itu datang .
“Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap pada masyarakat Desa Banyuadem tahu dan mengerti tindakan apa yang harus di lakukan bila sewaktu - waktu terjadi bencana, maka dari itu saya mohon kerjasamanya pada masyarakat dan kegiatan ini tolong di cermati , di pelajari dan di ambil hikmahnya”tandas Serda Suryadi Babinsa Desa Banyuadem.
Kepala Seksi Pencegahan BPBD Mulyanto selaku sebagai nara sumber menyampaikan “kebijakan penanggulangan  bencana ini di laksanakan di 27 desa dan 21 kecamatan , harapan kita agar masyarakat tersentuh dan tahu apa tujuan dalam pengenalan BPBD dan rencana yang di lakukan. Bencana di wilayah Kabupaten Magelang ragamnya bermacam - macam termasuk di Desa Banyuadem mempunyai ancaman selain dari Gunung Merapi juga angin, dari bencana itu kita coba menggali dan mencermati bencana yang ada. Saya berharap apa yang kami lakukan ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat Desa Banyuadem”pungkas Mulyanto.
Drs Sujadi selaku Kepala BPBD Kabupaten Magelang menyampaikan ada 3 unsur yang harus diperhatikan dalam penanggulangan bencana yakni pencegahan, kedaruratan dan logistik. 
Kabupaten Magelang ini di kelilingi beberpa gunung yang semuanya berpotensi bisa mengakibakan bencana di antaranya gunung Merapi, Sumbing, Merbabu, Menoreh , Telomoyo dan Gunung Andong dari semua itu ada potensi bencana, ada tapi kita harapakan tidak terjadi bencana sehingga masyarakat bisa hidup dengan tenang.  Kita tidak tahu kapan terjadinya bencana ketika gunung akan meletus.  Kehadiran saya di sini bukan membuat masyarakat gundah tetapi agar masyarakat tidak panik bila terjadi bencana , saya berpesan jangan pernah membuat kolam di tempat yang dekat dengan tebing , jangan pernah menanam pohon besar di tebing karena sangat berbahaya”pungkas Drs. Sujadi Kepala BPBD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar