Minggu, 20 Desember 2015

Tanam Pohon di Pelindung Area Pemakaman Umum



 
Magelang-Dalam rangka mendukung program pemerintah soal penghijauan, Kodim 0705/ Magelang beserta jajaranya termasuk salah satunya Koramil 10/Candimulyo melakukan penanaman pohon diarea pemakaman sebanyak 100 batang tanaman yang terdiri dari 4 jenis tanaman antara lain mahoni sengon, asam jawa dan jati putih.
“Jenis pohon yang kami tanam antara lain mahoni 40 batang, sengon 40 batang, asam jawa 10 batang, jati putih 10 batang,”papar Babinsa Desa Tembalang, Serka Juwairul Hidayat.
Dikatakan Jawairul, sebelum  dilakukan penanaman pohon di area makam, terlebih dulu dirinya melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat, namun dari hasil koordinasi tersebut ternyata ada makam yang tidak boleh ditanami pohon dengan alasan tertentu. “Dari aparat desa tidak boleh menanami pohon dimakam akhirnya saya berkoordinasi dengan Suradi (55) kaum/pengurus makam Dusun Tembelang Wetan, yang akhirnya memeperbolehkan untuk menanami pohon,”terangnya
Dijelaskan Jawairul jika sebagai bagian dari satuan Koramil 10 dirinya harus mengerti tugas pokok kewilayahan dan perkembangan situasi di wilayahnya. Maka dalam hal tersebut, program penghijauan salah satunya mnjadi program yg dipilih oleh pemerintah saat ini.  “Mengingat pda saat musim kemarau banyak daerah Desa Tembelang yang kekeringan dan tandus, bahkan kekurangan air  untuk konsumsi dan kebutuhan sehari-hari,”terangnya.
Melihat kondisi kurangnya air pada musim kemarau, dirinya merasa terpanggil untuk melaksanakan dan mensukseskan program penghijauan dari pemerintah. Ada alasan tersendiri kenapa tempar pemakaman umum menjadi salah satu tempat kegiatan penghijauan. Menurut Jawairul pemakaman umum tempat yang aman dari pembalakkan liar. “Jika makam kelihatan rindang tidak tandus, maka hasilnya bisa dinikmati oleh warga sekitar pemakaman tersebut,”tandasnya. (Sihombing)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar