Rabu, 18 November 2015

Distanbunhut Kabupaten Magelang, BPPK dan Kodim 0705/Magelang gelar rapat gerakan percepatan tanam

Magelang - Distanbunhut Kabupaten Magelang menggelar rapat koordinasi gerakan percepatan tanam dengan para Danramil dan Babinsa sebagai pendamping upaya khusus peningkatan produksi pangan MH 2016, Kamis (19/11).
Acara yang dipimpin oleh Ir. Eko Widi, Kabid Sarpras Distanbunhut Kabupaten Magelang ini membahas berbagai hal yang berkaitan dengan upaya peningkatan produksi padi. Saat ini menurut Ir Eko Widi di Kabupaten Magelang sudah dupayakan berbagai langkah untuk meningkatkan pencapaian luas tanam, tanam  panen, produktivitas pada masa tanam Oktober - Maret 2016 yang akan datang.
Ir. Eko Widi juga berharap kepada para babinsa supaya selalu melakukan pengecekan terhadap alisintan yang sudah dibagikan. Berikan dorongan dan ajakan kepadan pemegang alsintan untuk memanfaatkan secara maksimal.
Sementara itu Ir. Tri Wardoyo, Koordinator Penyuluh  BPKP Kabuaten Magelang memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya  seluruh pelaku upsus ini karena realisasi luas tanam. 2014-2015 Kabuaten Magelang bisa mencapai. 99,9 %.
Dalam kesempatan itu Ir. Tri Wardoyo juga berharap para babinsa  lebih berani mengajak kepada para petani bahkan penyuluhnya, sehingga mereka akan lebih semangat dalam upaya khusus ini. Kedepannya masa tanam Oktober - Maret 2015-2016  Kabupaten Magelang bisa mencapai 100%, bahkan bisa lebih. Untuk mencapai target tersebut  semua para petugas dan pendamping harus mencermati target luas tanam, target luas panen, produksi dan provitasnya. Sehingga kita bisa menentukan langkah-langkah untuk mencapai target tersebut.
Selain  itu penyuluh dan babinsa supaya mengidentifikasi sawah / lahan yang masih  bero. Sehingga lahan tersebut bisa terdata dan tugas penyuluh dan pendamping berupaya mengajak pemilik tanah bero untuk mengolahnya. Pendataan tenaga kerja (mesin/hewan/manusia), alsintan yang belum berfungsi harus didata dan segera difungsikan.
“Cek jadwal dan target penggunaan alsintan pada poktan yang memegangnya” ajak Ir. Tri.
Identifikasi hama juga perlu dilaksanakan sejak dini agar tidak meluas dan tidak merajalela. Pencegahan hama tikus harus dilakukan sedini mungkin,jangan sampai menunggu tikus berkembang biak.  Waktu yang tepat adalah saat ini, sebelum tikus berlembang biak.
Pasiter Kodim 0705/Magelang Kapten Inf  Puji Basuki meminta kepada danramil dan Babinsa  meningkatkan kinerja dalam upsus peningkatan produksi pangan ini. Termasuk dalam pemantauan dan pengawasan pendistribusian pupuk. Pupuk di awal Pebuari 2016 sudah programkan, supaya disusun RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok) agar nantinya tidak akan kendala dilapangan.( Serka Sakimun)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar