Selasa, 22 September 2015

TINGKATKAN PRODUKSI PADI, BABINSA – PETANI PERBAIKI IRIGASI

IRIGASI Babinsa Desa Prajegsari Serda Asropi sedang membantu petani memperbaiki saluran irigasi di Dusun Plabuhan, Desa Prajegsari Tempuran, Kemarin.

Magelang - Masyarakat Dusun Plabuhan Desa Prajegsari Tempuran dengan dibantu oleh anggota Koramil Tempuran Kodim 0705/Magelang melaksanakan kerja bakti perbaikan jaringan irigasi, Senin (21/9).
Perbaikan  Jaringan Irigasi Tersier sepanjang 500 meter di Dusun Plabuhan Desa Prajegsari, Tempuran tersebut merupakan bentuk pendampingan yang selama ini dilakukan oleh Babinsa dan PPL.  Irigasi tersebut digunakan oleh petani sekitarnya sebagai saluran irigasi utama. Tidak kurang dari 30 hektar sawah bergantung pada irigasi tersebut.

Supriadi, 60 tahun Kadus Plabuhan menuturkan bahwa perbaikan irigasi ini merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil panen yang akan datang. Saat musim kemarau yang cukup panjang ini, tanggul saluran irigasi banyak yang rusak. Banyak lubang tikus dan kepiting disepanjang tanggul irigasi tersebut.
Kalau tidak segera diperbaiki maka aliran air akan terhambat atau debitnya berkurang. Karena air merembers atau mengalir kemana-mana.

"Perbaikan irigasi ini sangat penting, karena untuk menjaga aliran air agar sampai ke sawah-sawah petani" ungkap Supriyadi.

Selama ini pendampingan terhadap petani oleh Babinsa dan PPL  berlangsung sudah lama, bahkan jauh-jauh sebelum ada Program Upsus Pajale.

"Babinsa disini sudah sangat merakyat, desa kami sudah dua kali dibantu TNI" lanjut Kadus Plabuhan.


Jauh sebelum ada upsus tentang peningkatan produksi pangan, Koramil Tempuran sudah menjalin kerja sama dengan petani Prajegsari.

"Diwilayah ini juga pernah diadakan gropyokan tikus oleh tentara Kodim" kenang Supriyadi. ( Serka Sakimun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar