Selasa, 22 September 2015

Kemutuk Dapat Bantuan Pendampingan RJIT

Koordinator BPPK Tempuran H. Gunawan, SE dan Babinsa Koramil Tempuran Serda Saparodin sedang mengecek bantuan pupuk untuk Poktan Wono Asri di Desa Kemutuk.


Magelang - Koordinator BPPK Tempuran H Gunawan, SE bersama Serda Saparodin  Babinsa Kemutuk Koramil 22 Tempuran Kodim 0705/Magelang mengawal bantuan pupuk sampai ke alamat penerima yaitu Ismail, dari Kelompok Tani Wono Asri.
Bantuan pupuk sebanyak 6 ton yang terdiri dari Urea dan NPK sedianya akan dibagikan kepada petani penggarap di lingkungan Dusun Kemutuk, Desa Kemutuk Kecamatan Tempuran.

Dalam upaya peningkatan produksi panen sekarang ini, pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Magelang bersama instansi terkait dengan dibantu oleh Babinsa disetiap wilayah selalu berupaya melakukan berbagai terobosan, salah satunya adalah optimasi lahan dan pemberian bantuan pupuk dan alsintan.

Khusus bantuan pupuk ini diharapkan bisa memperingan beban petani, sehingga akan membantu kesulitan petani terhadap kebutuhan pupuk. H. Gunawan, SE selaku Koordinator BPPK Tempuran berharap kedepannya para petani harus rajin dan mau peduli terhadap wilayahnya.

"Bagi para ketua Gapoktan/Poktan, saya berharap selalu mendata dan mengajukan kebutuhan pupuk" ujar Gunawan.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah selama ini dirasa masih jauh dari harapan. Khususnya apabila dilihat dari kebutuhan pertanian saat ini.

"Mudah-mudahan bantuan lain akan segera turun. Kalau bantuan turun kita juga ikut senang" lanjut Gunawan.

Dijelaskan oleh H.Gunawan bahwa bantuan pendampingan RJIT sebesar 60 juta yang akan difungsikan mengairi 60 Ha, Urea 3 ton, NPK 3 ton dan benih 1,5 ton. Karena areal Kemutuk kurang dari 60 Ha, maka saprodi dibagi pada jaringan irigasi yang satu saluran, yaitu Desa Pringombo.

Ditemui di Kantor Koramil Tempuran, Danramil Tempuran Kapten Inf Reimond Donald N mengutarakan bahwa dalam mendukung upaya pemerintah mencapai swasembada pangan, jajarannya selalu aktif membantu dan mendampingi petani dan penyuluh di lapangan.

"Saya perintahkan pada para babinsa untuk selalu mendampingi petani" ungkap Reimond.

Selain itu, masih kata Danramil bahwa sekarang ini babinsanya juga selalu terjun kelapangan untuk mendata dan melaporkan rencana panen kepada Bulog Sub Divre Kedu, melalui Kodim 0705/Magelang. Hal itu dimaksudkan agar hasil panen bisa diserap oleh Bulog.


"Babinsa juga laporkan rencana panen, untuk penyerapan ke Bulog" lanjut Perwira Pertama yang pintar menyanyi. (Serka Sakimun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar