Rabu, 19 Agustus 2015

Peringati HUT RI ke 70, Seluruh Koramil Jajaran Kodim 0705/Magelang Gelar Drama Kolosal

Gelaran Kolosal Kodim 0705/Magelang

Magelang  - Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 70 Jajaran Kodim 0705/Magelang menggelar Drama Kolosal Perjuangan Rakyat Indonesia mengusir penjajah. Seluruh Koramil di Jajaran Kodim 0705/Magelang  

Salah satu Koramil yang menyelenggarakan Drama Kolosal adalah Koramil 03 Bandongan Kodim 0705/Magelang. Suasana Lapangan Bandongan sangat meriah saat upacara HUT KEMERDEKAAN RI ke 70. Bertindak sebgai Inspektur Upacara Camat Bandongan. Sedangkan Komandan Upacara dijabat oleh  Pelda Supri W, Bati Tuud Koramil 03 Bandongan Kodim 0705/Magelang. 

Rangkaian kegiatan upacara  diawali gelaran DRAMA KOLOSAL dengan judul Perlawanan Pangeran Diponegoro. Drama kolosal melibatkan siswa SMA N Bandongan, SMA Muhammadiyah, SMA Sholihin dan SDN 3  Bandongan itu  dilatih oleh Drs Pribadi, Serma Didik Dirgantara dan Sertu Tohari.  tampil cukup baik dan mendapat ssmbutan yang meriah dari para undangan.

Suatu cerita perjuanagan Pangeran Diponegoro mengusir penjajah diperagakan oleh gabungan siswa siswi SD dan SMA tersebut itu bertujuan untuk mengingatkan kita sebagai warga Indonesia agar selalu menghargai jasa para pahlawannya.Gelaran seni yang bertujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan dan nasionalisme tersebut merupakan hal yang sangat positif, mengingat sekarang ini masih ada masyarakat yang sudah lupa dengan hal – hal yang bersifat kebangsaan.

Drs. Pribadi, Guru SMA N Bandongan yang merupakan penulis naskah dan skenario drama tersbut sangat mengapresiasi apa yang menjadi ide dari TNI, sehingga yang bersangkutan mau mempersiapkan dan melatih para siswa untuk suksesnya gelaran kolosal tersebut.

“Kami selaku pelaku budaya dan pendidikan sangan haru dan bangga atas terselenggaranya gelaran kolosal kepahlawanan ini, selama ini kegiatan ini jarang dilaksanakan” ujar Pribadi.

Lebih lanjut Pribadi mengatakan bahwa kedepannya kregiatan ini seyogyanya terus dilaksanakan. Hal ini dapat menimbulkan semangat nasionalisme dan patriotism bagi siswa.


Koramil – koramil di jajaran Kodim 0705/Magelang sevcara serempak juga menggelar Drama Kolosal kepahlawanan. Koramil 01 Magelang Tengah dan Koramil 23 Magelang Utara Menggelar Drama Kolosal di Lapangan Rindam IV/Diponegoro. Berikut daftar lengkap Gelaran Drama Kolosal di jajaran Kodim 0705/Magelang : Koramil 02 Kaliangkrik, Koramil Pakis, Koramil Candimulyo, Koramil Salam, Koramil Salaman dan Koramil Kajoran mengambil tema Perjuangan Pangsar Soedirman, Koramil Windusari, Koramil Tegalrejo, Koramil Sawangan dan Koramil Tempuran mengambil tema Perjuangan Pangeran Diponegoro. Sedangkan wilayah koramil lainnya menampilkan drama koloasal perjuangan mengusir penjajah. (Kodim 0705/Mgl).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar