Rabu, 19 Agustus 2015

PANEN PADI UJI LOKASI

UJI LOKASI. Dandim 0705/Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara, S.Sos sedang mengikuti panen padi dalam rangka Uji Lokasi varietas baru di Candi Umbul, Grabag.


Magelang - Petani Dusun Candi Umbul Desa Kartoharjo Kecamatan Grabag bersama  Dandim 0705/Magelang Letkol Arm I Made Gede Antara, S.Sos, Kepala BP2KP Kabupaten Magelang Ir Tri Agung S dan Dr. Buang Abdulah, melaksanakan panen uji lokasi di areal persawahan setempat. Rabu (19/8).

Areal persawahan yang berada dilereng bukit tersebut ternyata cukup subur bagi tanaman padi. Terbukti dengan hamparan padi menguning yang luas. Sawah tersebut yang merupakan milik petani yang tergabung dengan Kelompok Tani Sido Rukun.

Para petani dalam Kelompok Tani Sido Rukun tersebut selalu bekerja sama dengan PPL dan Babinsa dalam melaksanakan olah tanam. Kerjasama pendampingan tersebut merupakan upaya pemerintah yang melibatkan Babinsa dalam mendampingi petani guna mencapai swasembada pangan nasional.
Panen yang dilaksanakan hari ini adalah panen padi varietas baru yang sedang diuji. Hasil padi uji lokasi tersebut cuku baik. Dari 9 petak / jenis ujicoba dapat menghasilkan hasil panen diatas 6 ton/ha. Bahkan ada satu petak yaitu dengan hasil 10, 3 ton/ha.

Letkol Arm  I Made Gede Antara, S.Sos , mengatakan panen padi uji lokasi ini cukup bagus, hal tersebut bisa dilihat dari hasil yang didapat pada tiap-tiap petak.

"Dilihat daari hasil uji lokasi hasilnya cukup bagus, ada salah satu petak yang hasilnya bisa mencapai 10,3 ton/ha " ujar Dandim.


Salah satu peneliti yang ikut kegiatan panen adalah Dr. Buang Abdulah. Padi ini belum diberi nama, dengan harapan kalau nantinya padi ini ternyata menjadi unggulan maka nama padinya akan diserahkan kepada petani dan para peneliti. (Kodim 0705/Mgl).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar