Rabu, 19 Agustus 2015

DANDIM 0705/MAGELANG HADIRI TEMU PENYULUH DAN PENELITI TANAMAN PADI

TEMU PENELITI DAN PENYULUH. Komadan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm I Made Gede Antara, S.Sos sedang memberikan sambutan pada acara temu penyuluh dan peneliti padi di Grabag, Magelang.

Magelang - Komandan Kodim 0705/Magelang Letnan Kolonel I Made Gede Antara, S.Sos melaksanakan temu penyuluh dan peneliti dalam uji daya hasil lanjutan dan uji multi lokasi padi, di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Rabu (19/8).

Acara yang dihadiri oleh Kepala BP2KP Kabupaten Magelang, Peneliti dari Kementrian Pertanian, Mahasiwsa UGM selaku pendamping ujicoba. 

Ir. Tri Agung S, dalam sambutannya mengatakan bahwa Uji multi lokasi ini kedepannya diharapkan menjadi varietas unggulan padi. Kabupaten Magelang dalam penyediaan pangan ditargetkan 380. 000 ton. Dengan harapan pada akhir September tanam padi sudah bisa dilaksanakan.

Bibit merupakan faktor utama  yang menentukan dalam produksi. Di Grabag sedang dilaksanakan uji 16 varietas padi. Varietas baru yang sedang diuji tersbut diharapakan nantinya bisa menjadi varietas unggulan, baik di Magelang maupun di tempat lainnya.

Dr. Buang Abdulah, peneliti dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi menjelaskan di wilayah Magelang ini sedang diujicoba padi varietas baru. Perkawinan benih padi lakukan agar kita mendapat hasil yang lebih baik. Tanaman padi juga tergantung pada kondisi tanah dan airnya.

Dandim 0705/Magelang dalam sambutannya mengatakan bahwa sekarang ini hendaknya kita selalu berusaha untuk bekerja dan bersatu untuk menyiapkan swasembada pangan. Dengan adanya kerjasama yang baik antara petani, penyuluh, babinsa dan unsur pendukung lainnya maka swasembada pangan akan tercapai.

Selain itu Dandim juga berharap agar setelah panen nantinya petani dan gapoktan menjual kepada Bulog. Tentu saja apabila harganya sesuai. Selain itu tentu dengan persyaratan-persyaratan tertentu.


“Apabila Bulog mampu menyerap hasil panen dari petani sesuai target, maka dapat dipastikan Indonesia tidak akan impor beras” ujar Letkol Made. (Kodim 0705/Mgl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar