Rabu, 29 April 2015

Normalisasi irigasi Kodim Magelang


Irigasi Rusak, Warga Desa Sudimoro bersatu untuk Memperbaiki dibantu Anggota Koramil 16/Srumbung



Magelang. Selasa (28/04/2015) Saluran irigasi di Dusun Kranggan lor, Desa Sudimoro, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang diperbaiki oleh warga masyarakat dan kelompok tani dibantu personel TNI Koramil 16/ Srumbung Kodim 0705/ Magelang, secara gotong royong. Perbaiakan dilakukan karena di saluran irigasi tersebut,sudah banyak yang rusak serta beberapa mengalami pendangkalan akibat Erupsi Gunung Merapi 2010.
Di sela-sela pembersihan Babinsa 16/Srumbung Serka Puji Supriyanto mengatakan, bahwa irigasi menjadi hal yang paling utama dalam pertanian. Sebab jika sarana irigasi buruk maka hasil pertanian tentu tidak akan baik, khususnya tanaman padi. ’’Pembersihan dilakukan agar saluran irigasi menjadi lebih bersih dan air mengalir lancar,’’ jelasnya.
Menurutnya, pembersihan di sekitar irigasi dilakukan sepanjang 250 meter. Dengan irigasi yang baik, diharapkan hasil pertanian akan maksimal dan sekaligus dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi jagung dan kedelai. ’’Dengan demikian, target swasembada pangan akan bisa tercapai,ditahun ini’’ ujarnya. 
Dia melihat masih banyak saluran irigasi yang perlu di bersihkan agar air bisa di manfaatkan dengan baik oleh petani.  Kedepan perbaikan atau pun pembersihan irigasi bersama kelompok tani setempat akan kami lakukan. ’’Saya selaku Babinsa Desa Sudimoro selalusiap Membantu masyarakat dan petani dalam membersihkan saluran irigasi yang ada,’’ tegasnya. 
Terpisah Kepala Dusun Krangganlor Desa Sudimoro Taryono mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya TNI dengan masyarakat, saling gotong royong memperbaiki saluran irigasi untuk mengaliri lahan pertanian seluas 1 Hektar,  Dia melihat saat ini masih banyak sarana irigasi dalam kondisi kurang baik. ’’Apa yang dilakukan TNI bersama masyarakat dalam memperbaiki saluran irigasi harus terus dilakukan,’’ ujarnya
Kegiatan seperti ini sangat diharapkan karena kedepannya air akan menjadi lancar dan persawahan mereka tidak lagi kesulitan air.  Masyarakat setempat khususnya petani Dusun Kranggan Lor dan sekitarnya terutama yg sawahnya teraliri dari saluran irigasi tersebut merasa sangat terbantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar